Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Juni 16, 2009 | Selasa, Juni 16, 2009 | 1 Comments

Kontes Robot Tingkat Nasional Digelar Yogyakarta

Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRI-KRCI-KRSI) 2009 tingkat nasional dimulai di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kontes robot tingkat nasional dibuka Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Dikti Prof Suryo Hapsoro, mewakili Mendiknas Bambang Sudibyo yang berhalangan hadir.

Ajang kreativitas mahasiswa yang berlangsung hingga Minggu (14/6) itu diikuti 47 perguruan tinggi (PT) dan tiga non PT dengan mempertemukan tim terbaik dari empat regional se-Indonesia.

Untuk KRI diikuti 24 tim, yang terbagi dalam delapan grup. ITS diwakili tim Bolokulowo mengalami nasib sial dalam kontes kali ini karena berada di grup A bersama ITB dan Politeknik Negeri Bandung itu mengalami kegagalan start.

Tim ITS itu mengalami gangguan teknis selama dua menit, sedangkan tim Kujang dari Polban telah melampaui gunung meski robot traveller terjatuh sehingga kembali lagi di check point 1.
Sementara itu, tim D4=S1 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS menang mudah melawan Ghen_LabE dari Universitas Bayangkara (Ubhara) Surabaya.

Meski tidak bermain mulus untuk retry (mengulangi) pada check point 2 karena papan penyangga traveller menyentuh tiang, tim andalan itu mampu membunyikan ketiga beduk dalam waktu 1 menit 17 detik.

Keberuntungan ITS juga terlihat pada KRCI divisi Expert Battle, karena robot GA_Assassin dari ITS bertemu dengan robot Batosay dari Polban.

Batosay yang telah memadamkan api terlebih dahulu tidak sengaja menjatuhkan lilin sehingga juri akhirnya memutuskan kemenangan GA_Assassin yang tidak melakukan apa-apa. Batosay dianggap melakukan penalti sehingga dikenakan skor 0-(-5).

"Perlu diketahui, selain mengandalkan kecepatan dan kekuatan, perlu dipikirkan mengenai strategi dalam pertandingan, mengingat strategi merupakan faktor penting untuk mengalahkan lawan," kata Dr Ir Endra Pitowarno, salah satu tim juri.

Lain halnya dengan ajang KRSI yang baru kali pertama dihelat dalam kontes robot itu. Dalam KRSI, robot-robot yang diwajibkan mampu menarikan Jaipong sesuai iringan musik yang ada didandani dengan berbagai pakaian tradisional layaknya penari Jaipong.

Nuansa seni agaknya terlihat sejak pembukaan melalui persembahan hiburan tari Ramayana. Penari menyerahkan piala Sambhawana Pratimacala (piala untuk juara umum KRI 2009) kepada juri Ir Dadet Pramadihanto, MEng, PhD (direktur PENS-ITS), kemudian disampaikan kepada Direktur DP2M untuk diperebutkan. Musik gamelan pun mengiringi pertandingan.

1 komentar:

stefanus suharto mengatakan...

mas...selamat ya...blog mas dapet AWARD dari blog saya.
silahkan mas ambil awardnya di blog saya di http://stefanusblog.co.cc

keep blogging

Posting Komentar

 
Copyright BLOG COETANARIE © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
info berita heboh terbaru Ramalan Zodiak tips-trik Job Vacancy Centre Scholarships Resources and Free Magazines