Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Januari 24, 2009 | Sabtu, Januari 24, 2009 | 0 Comments

Berapa Lama Usia SSD?

JAKARTA, JUMAT – SSD (solid state disk) mulai populer sebagai alternatif harddisk yang menggunakan piringan. Bukan cuma karena dapat menulis dan membaca dat lebih cepat, tetapi juga karena SSD tidak mempunyai bagian yang berputar sehingga lebih tahan banting.

Sayangnya, harga SSD - kendati sudah turun - masih relatif mahal. Selain itu jika dibandingkan harddisk, kapasitasnya terbatas. Satu lagi yang membuat SSD belum diterima secara massal, yakni persepsi bahwa usia SSD tidak panjang, atau setidaknya tidak dapat diprediksi.

Pada teknologi flash NAND memang disiratkan bahwa “ada batasan jumlah siklus tulis/baca (ketahanan)” yang mampu diberikan oleh setiap sel NAND flash. Sifat finit dari sel NAND flash inilah yang membuat SSD dianggap kurang handal untuk pemakaian jangka panjang.

Karena itulah SiliconSystems menciptakan dua tool untuk mengukur daya tahan SSD. SiliconSystems pun mengklaim diri diklaim sebagai "yang pertama mengembangkan metoda lengkap untuk mengukur usia pakai SSD (solid state drive)."

Tool pertama adalah LifeEST (life estimation – perkiraan usia), yang sebenarnya adalah matriks ketahanan yang diajukan oleh SiliconSystems, yang "independen terhadap kapasitas dan model pemakaian." White paper SiliconSystems "NAND Evolution And Its Effects On Solid-State Drive (SSD) Useable Life" menjelaskan LifeEST sebagai:

"Secara khusus mengukur kinerja dan algoritma manajemen storage yang diterapkan dalam SSD. Menggunakan komponen NAND dengan rating ketahanan yang lebih tinggi akan meningkatkan LifeEst. Penurunan amplifikasi tulis juga akan berdampak positif pada usia kegunaan, karena akan memperlambat SSD."

Kertas kerja itu menjelaskan bahwa parameter LifeEST "menghasilkan nilai tahun tulis per gigabyte.' Mengalikan angka ini dengan kapasitas dalam gigabyte dan membaginya dengan siklus tulis akan menghasilkan perkiraan tahun usia pakai."

SiliconSystems mengakui bahwa parameter LifeEST masih berupa hitungan teoritis, dan mereka masih membutuhkan metodologi yang dapat memberikan “hasil dunia sesungguhnya.” Karena itulah mereka memiliki teknologi SiSMART yang memantau “pemakaian tepat NAND flash dan melaporkan datanya kembali ke host.” Inilah yang disebut SiliconSystems sebagai "monitoring ketahanan" dan teknologinya dibangun ke dalam semua harddisk yang dibuat oleh SiliconSystems.

White paper SiliconSystems menjelaskan: "Dengan menggunakan teknologi ini, SiliconDrive akan memberikan informasi pemakaian spesifik-aplikasi, real-world tanpa membutuhkan pengembangan software dari pihak OEM. Cukup load SiliconDrive ke aplikasi, dan jalankan untuk satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan, atau berapa pun. SiSMART melaporkan persentase pemakaian selama waktu tersebut. Ketika tes selesai, keluarkan SiliconDrive dari sistem tes dan tancapkan ke sebarang komputer Windows atau Linux untuk menjalankan SiliconSystems SiliconDrive Utility guna mengukur pemakaian di tingkat NAND media."

Rumusnya sebagai berikut:

Lifetime = (lama tes/penggunaan SiSMART) x (tahun/lama tes) x 100.

Contoh: OEM point-of-sale sedang mempertimbangkan penggantian harddisk dengan SSD. OEM ini menjalankan SD SiliconDrive 16GB selama satu minggu dan menggunakan SiliconDrive Utility untuk menentukan penggunaannya sudah 0,25%. Maka usia pakainya menjadi: (1 minggu/0,25) x (1 tahun/52 minggu) x 100 = 7,69 tahun.

Menurut SiliconSystems, mengetahui usia teoritis dari SSD plus data ketahanan real-world akan memberi indikasi yang sangat bagus dari perkiraan harapan usia sebuah SSD. Namun belum diketahui apakah produsen SSD lain akan mengadopsi tool SiliconSystems atau tool serupa lainnya yang dapat secara akurat mengukur masa hidup sebuah SSD.


Sumber : Kompas tekno.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright BLOG COETANARIE © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
info berita heboh terbaru Ramalan Zodiak tips-trik Job Vacancy Centre Scholarships Resources and Free Magazines