Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Mei 06, 2009 | Rabu, Mei 06, 2009 | 0 Comments

Bikin Animasi Meledakkan Teks

Siapa bilang membuat animasi itu sulit? Coba dulu yang satu ini, niscaya Anda akan percaya bahwa menciptakan animasi itu tidak sesulit yang dibayangkan. Contohnya, aplikasi untuk membuat animasi Flash terbaru, Adobe Flash CS4 Professional, memberikan banyak jalan pintas untuk menggerakkan aneka bentuk dan teks.

Sebenarnya cara berikut dapat dilakukan pada versi manapun dari Adobe Flash, baik yang memiliki Action Script 2.0 maupun 3.0. Namun, PCplus pilih Adobe Flash CS4 karena proses membuatnya menjadi jauh lebih ringkas. Mau coba? Silakan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Bukalah dokumen animasi baru. Klik [File] > [New...]. Buka boks dialog “Document Properties", dengan mengklik tombol [Edit...] pada area menu “Properties” di panel “Properties”. Gunakan framerate 25 fps. Klik [Text Tool]. Ketikkan teks yang Anda inginkan pada kotak teks yang muncul.

2. Klik-kanan teks, lalu pilih [Break Apart]. Lanjutkan dengan mengklik kanan teks, lalu pilih [Distribute to Layers]. Hal ini akan membuat teks dipecah ke dalam layer-layer terpisah.

3. Tekan [Ctrl] + [A] untuk menyeleksi semua teks. Selanjutnya, klik-kanan teks, dan pilih [Create Motion Tween] untuk membuat pergerakan animasi. Pastikan jajaran frame motion tween muncul di semua layer teks huruf.

4. Gunakan [Free Transform Tool], lalu seleksi semua huruf yang sudah terpecah dengan menekan [Ctrl] + [A]. Pastikan playhead (slider berwarna merah di timeline) berada di frame pertama pada semua layer. Perkecil ukuran teks dengan mengklik-tarik sudut-sudut keseluruhan teks. Posisikan teks ke tengah stage dengan bantuan pointer.

5. Geser playhead ke frame 10—masih dalam kondisi semua huruf terseleksi. Selanjutnya, klik tarik seluruh teks sambil menekan [Shift] hingga keseluruhan teks membesar, namun masih dalam posisi di tengah stage. Secara otomatis, keyframe akan dibentuk pada frame 10 di seluruh layer.

6. Klik pointer di luar teks di sebarang tempat untuk menghilangkan seleksi pada teks. Selanjutnya, tarik playhead ke frame terakhir. Dengan [Selection Tool], klik huruf pertama lalu tarik ke arah luar stage. Lanjutkan tindakan ini pada huruf lainnya sampai semua huruf terlempar keluar.

7. Agar gerakan huruf yang terlempar tak kaku, Anda bisa melengkungkan jalur gerak dengan mengklik huruf, lalu mengklik-tarik salah satu titik jalur hingga jalur tersebut melengkung. Lakukan pada semua huruf agar pergerakan ledakan halus.

8. Masukkan efek suara dengan memanfaatkan suara ledakan berformat MP3 file. Buatlah layer baru. Klik-dobel layer tersebut, lalu ubah namanya menjadi “Audio”. Masukkan audio file berformat MP3 atau WAV yang akan digunakan dengan cara mengklik menu [File] > [Import] > [Import to Library]. Pastikan audio yang sudah dimasukkan telah berada dalam “Panel Library”.

9. Klik-tarik yang ada dalam Panel Library ke dalam stage. Kini, pada frame pertama dalam layer “Audio”, sudah terdapat suara. Untuk mengedit suara, klik frame pertama, kemudian pada “Panel Properties”, kelolalah rangkaian menu “Sound”. Untuk memberi efek suara seperti fade-out, fade-in, dan sebagainya, Anda bisa memilihnya di menu “Effect”.

10. Jalankan animasi di jendela Flash Player dengan menekan [Ctrl] + [Enter]. Jika sudah, simpanlah file animasi. Jika Anda hendak mengunduhnya ke website, klik [File] > [Export] > [Export Movie…]. Namai file di boks Export Movie, simpan dalam format .swf, dan tentukan folder simpannya.(kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright BLOG COETANARIE © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
info berita heboh terbaru Ramalan Zodiak tips-trik Job Vacancy Centre Scholarships Resources and Free Magazines